Segala Hal Di Dunia

Cara Belajar Yang Baik dan Benar ()

Learning How to Learn




Ilmu memang sangat penting demi kesuksesan dan kelangsungan hidup. Belajar merupakan cara atau sarana untuk mendapatkan ilmu. Di Sekolah kita pastinya belajar berbagai ilmu seperti, ilmu pengetahuan alam, matematika, IPS, Seni Budaya. dan sebagainya. Ada yang mengatakan pelajaran tertentu itu sulit dan ada yang mengatakan mudah. Sebenarnya semua pelajaran itu mudah! MUDAH. Iya betul Mudah. Semua pelajaran atau ilmu itu mudah dipelajari tergantung dari caranya ia belajar. sering kali siswa mengeluh karena kesulitan menguasai pelajaran, setelah menguasai pelajaran dan hafal, eh ternyata dalam seminggu lupa. Maka dari itu Penting! bagi kita untuk belajar cara belajar yang baik dan benar."Penting" agar proses belajar kita efektif (menguasai) dan efisien. agar belajar enjoy, mudah dan setelah belajar "Ingat".

Semua hal atau problem itu pasti ada cara atau metode penyelesaianya, seperti halnya pas mengerjakan soal fisika, untuk menyelesaikannya ada rumusnya, ada caranya agar gampang dipecahkan. begitu pula dengan belajar juga ada caranya supaya belajar itu mudah
Simaklah cara belajar yang baik dan benar:

1. Belajar itu Mudah.

Tanamkan dalam pikiran bahwa belajar itu mudah. Katakan dalam hati atau kalau bisa Teriakkan. "Semua Pelajaran itu MUDAH", anggaplah bahwa segala sesuatu itu mudah.al ini dapat meringankan otak untuk dapat menerima informasi atau pengetahuan sehingga belajar dapat lebih ringan, enjoy, dan cepat masuk. Sebenarnya tidak ada hal yang sulit, yang ada hanyalah kita yang mempersulit. kita menganggap sesuatu itu sulit padahal sangat mudah cuma kita tidak tahu cara penyelesaiannya dan kita malas dan berat untuk mencari caranya karena kita menganggapnya sulit.Kata sulit itu lah yang menghambat kita untuk berbuat. 

2. Berpikir Positif


Berpikirlah bahwa kamu dapat menguasai pelajaran dan tidak lupa. Bayangkan bahwa kamu nantinya setelah belajar selesai kamu dapat memahami dan menguasai pelajaran tanpa hambatan, semua soal latihan dapat dipecahkan dan saat ujian memperoleh nilai yang terbaik. Berpikirlah Aku Bisa!, Aku Bisa!". Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini termasuk sangat mungkin jika  aku bisa menguasai pelajaran ini. Berpikirlah positif karena hal itu akan menjadi motivasi besar untuk belajar.

3. Sediakan Waktu Terbaik Untuk Belajar


Setiap orang memiliki waktu belajar yang berbeda-beda. Maka sediakan waktumu untuk belajar minimal 1 jam setiap hari. Sediakan waktu terbaikmu entah sore, malam, atau pagi sebelum subuh. Pastikan di waktu tersebut kamu mood dan fresh untuk belajar.

4. Mengulang


Biasakan sepulang sekolah kamu membuka buku catatan dan mempelajari kembali apa yang telah diajarkan di sekolah. atau sediakan waktu juga, sepulang sekolah atau di waktu lain untuk mengulang pelajaran atau buku yang sudah dipelajari. hal ini dapat mengembalikan ingatan serta membuat memperkuat ingatan kita terhadap pelajaran tersebut. minimal 3 kali mengulang. lupa adalah suatu hal yang wajar. maka jangan takut lupa. jika lupa maka ulangi kembali dan InsyaAllah ilmu yang kita pelajari akan melekat dalam diri.

5. Mencatat


Setelah belajar catatlah pokok-pokok atau ikhtisar dari apa yang dipelajari. Tujuannya adalah memperkuat ingatan serta memudahkan kita jika suatu ketika kita lupa dan belajar lagi maka tinggal membuka buku catatan.

6. Ketahui Isi Buku Secara Keseluruhan

Sebelum kalian memulai membaca buku maka alangkah lebih baiknya jika membaca judul buku maupun sub-sub judul buku secara keseluruhan terlebih dahulu agar kalian memiliki gambaran mengenai buku yang akan dipelajari sehingga memudahkan kalian untuk memahaminya

7. Senang

Belajarlah dengan hati yang senang. karena kesenangan dapat mempercepat ilmu itu masuk. Tetap enjoy dan nikmati proses belajar! karena hal itu dapat membuatmu senang dalam belajar. Ingat yang terpenting dari belajar adalah prosesnya bukan hasilnya. Terkadang siswa itu belajar hanya untuk mendapatkan hasil ujian yang bagus. Padahal yang terpenting adalah bagaimana proses kita belajar, bagaimana perjuangan kita dalam mencari ilmu dan belajar agar nantinya dengan ilmu yang dikuasai dapat bermanfaat. Bukan untuk mencari nilai karena belajar dengan tujuan mencari nilai membuat kita merasa berambisi dan terpaksa dalam belajar. Ujung-ujungnya jika nilai nya jelek maka kita akan merasa putus asa dan jengkel. Tetapi jika bagus maka akan membuat kita merasa cepat puas dan merasa sudah jago. Jadikan nilai adalah sebuah pemacu semangat atau motivasi belajar. jangan dijadikan tujuan.Oke.....

8.Mengajar

Inilah cara terbaik dalam belajar yaitu mengajar. Cobalah cari teman atau orang lain untuk bisa kalian ajari. Dengan mengajar selain dapat memperkuat ilmu itu kita juga dapat mengasah kemampuan berbicara kita atau disebut soft skill. Jika tidak ada yang bisa diajari, cobalah untuk menjelaskan atau menceritakan kembali inti dari apa yang telah dipelajari di depan kaca. Cara terbaik untuk Belajar adalah Mengajar.


Yak itulah cara  belajar yang baik dan benar. Cobalah untuk mengamalkan cara ini setiap hari secara konsisten. Dan InsyaAllah hasilnya akan memuaskan. Semoga postingan ini dapat menyukseskan anda sekalian dan semoga bermanfaat Amin.


kata kunci :

  • Cara Belajar dengan baik dan benar
  • cara cepat belajar
  • cara menguasai pelajaran
  • cara belajar maksimal
0 Komentar untuk "Cara Belajar Yang Baik dan Benar ()"

Back To Top